Apa Yang Dimaksud Dengan INA CBGs

Info Bpjs Kesehatan - Dalam dunia pengobatan atau lingkungan rumah sakit kita sering mendengar istilah INA CBGs, bagi orang awam yang tidak pernah membaca atau berobat kerumah sakit pasti bingung apa itu INA CBGs. Baru baru ini saya membaca kasus pasien Bpjs kesehatan yang naik kelas VIP yang menanggung biaya pengobatan yang jumlahnya sangat besar seperti yang dialami seorang penanya di forum tanya jawab pertanyaanya seperti ini:

"Bapak saya juga dapat jatah kls 1, tp wktu dirawat di RS kami naik kelas  VIP. pas setelah pulang saya sangat kaget biaya dari rumah sakit 30 jt, sedangkan tanggungan bpjs cuma 3 jt. kok bisa selisihnya 10 kali yahh??? lebih aneh lagi diagnosis dari dokter begitu banyak tapi kok yg bisa di klaim bpjs cuman 3 jt. itupun dibilang penyakitnya ringan padahal dirawat 16 hari,, sungguh tidak masuk akal"


Besaran biaya inilah berhubungan dengan Sistem klaim INA CBGs. Lalu apa sih pengertian INA CBGs ini?? saya kutip dari situs http://inacbg.blogspot.co.id/ INA-CBG merupakan sebuah singkatan dari Indonesia Case Base Groups yaitu sebuah aplikasi yang digunakan rumah sakit untuk mengajukan klaim pada pemerintah. Menurut kepala Dinas kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati, INA-CBG merupakan sistem pembayaran dengan sistem "paket", berdasarkan penyakit yang diderita pasien.

"INA-CBG’s merupakan sistem pengelompokan penyakit berdasarkan ciri klinis yang sama dan sumber daya yang digunakan dalam pengobatan.“Pengelompokan ini ditujukan untuk pembiayaan kesehatan pada penyelenggaraan jaminan kesehatan sebagai pola pembayaran yang bersifat prospektif," KJS menerapkan sistem pembayaran ini untuk pelayanan baru kesehatan bagi warga Jakarta. Arti dari Case Base Groups (CBG) itu sendiri, adalah cara pembayaran perawatan pasien berdasarkan diagnosis-diagnosis atau kasus-kasus yang relatif sama.

Rumah Sakit akan mendapatkan pembayaran berdasarkan rata-rata biaya yang dihabiskan oleh untuk suatu kelompok diagnosis. Untuk lebih gamblang, sebuah contoh dipaparkan Dien. Misalnya, seorang pasien menderita demam berdarah. Dengan demikian, sistem INA-CBG sudah "menghitung" layanan apa saja yang akan diterima pasien tersebut, berikut pengobatannya, sampai dinyatakan sembuh. INA-CBG merupakan kelanjutan dari aplikasi INA-DRG yang lisensinya berakhir pada tanggal 30 September 2010 lalu. (Untuk diketahui, pemerintah harus membayar lisensi sebesar 4 miliar untuk INA-DRG). INA-CBG menggantikan fungsi dari aplikasi INA-DRG.

Sistem INA-CBG dikembangkan dari sistem casemix dari UNU-IIGH (The United Nations University-International Institute for Global Health). Proyek UNU INA-CBG ini didanai oleh Australian Agency for International Development (AusAID). Manual untuk INA-CBG ini sendiri telah resmi diserahkan pada Kementrian Kesehatan Indonesia pada tanggal 9 Januari 2013 lalu.

Baca juga: Ketentuan Pasien Bpjs Yang Naik Kelas VIP

Jika ingin informasi lebih lengkap mengebain INA CBGs download saja file pdf ini INA-CBGs Membuat Biaya Kesehatan Lebih efektif.Pdf   Begitulah penjelasan singkat kengenai apaitu INA-CBGs, semoga ini bermanfaat...



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

~ Hi, I am a person who likes called bloggers ~ Writing is fun, through this website I share the knowledge and experience of my life. Thank you for your visit, I hope you get the information you want..

Related : Apa Yang Dimaksud Dengan INA CBGs

Komentar Gunakan Akun Facebook

Back To Top