Berapa Lamanya Mencairkan JHT Jika Melalui e-Klaim?

Info Bpjs Ketenagakerjaan - Banyaknya peserta Bpjs Ketenegakerjaan yang ingin mencairkan dana JHT membuat kantor Bpjs Ketenagakerjaan kuwalahan dalam melayani-nya hingga tiap kantor Bpjs ketenagakarjaan membatasi dengan nomer Antrian 100 - 150 orang, karena dengan jumlah itu diperkirakan lama layanan hingga sore hari, sebab jika tidak dibatasi pasti samapai malam hari tetap ada yang ingin mencairkan dana JHT.

Sebenarnya dalam situs resmi Bpjs Ketenagakerjaan sudah menyediakan layanan klaim JHT secara Online, hal ini untuk menghindari antrian panjang. Dengan klaim secara online ini Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan jaminan sosial yang mulai berhenti bekerja sejak 1 September 2015, dan ingin mencairkan Jaminan Hari Tua (JHT) kini tak perlu lagi antre di kantor-kantor cabang BPJS sejak pagi.

Berapa Lamanya Mencairkan JHT Jika  Melalui e-Klaim

Peserta hanya perlu mendaftar dan memasukan dokumen yang dibutuhkan lewat fasilitas e-Klaim yang bisa diakses di situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Saat datang ke kantor cabang, peserta pun hanya perlu membawa dokumen asli untuk dilakukan verifikasi.

Lalu setelah selesai verifikasi dokumen, berapa lama dana JHT bisa cair?

Susuai revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 tahun 2015 soal Jaminan Hari Tua (JHT) menjadi PP Nomor 60 tahun 2015 dan ditindaklanjuti oleh Permen Nomor 19 Tahun 2015 Tentang tata cara dan persyaratan pembayaran JHT, maka JHT bisa cair setelah hanya dalam satu hari.

Namun, bagi peserta yang mendaftar pencairan lewat online, dana JHT baru bisa cair setelah 5 hari kerja untuk pencairan tunai, dan 7 hari kerja untuk pencairan dengan skema transfer ke rekening bank peserta.

"Kalau daftar online baru bisa cair setelah 5 hari kerja untuk yang tunai. Sementara untuk yang ingin bentuknya transfer, baru bisa dikirimkan ke rekening peserta setelah 7 hari kerja," jelas Hary, petugas call center BPJS Ketenagakerjaan.

Meski lebih lama dari proses pencairan tanpa menggunakan e-Klaim, peserta dimudahkan dengan tak perlu antre saat verifikasi dokumen di kantor cabang. Selain itu, peserta juga hanya perlu membawa dokumen asli dan tak perlu repot melakukan fotokopi dokumen asli.

"Irit waktu, lebih fleksibel menentukan waktu datang ke kantor cabang, proses verifikasi lebih cepat. Namun dana JHT baru bisa cair setelah 5 hari dan 7 hari kerja," pungkas Hary.

Baca juga: Masalah Peserta Bpjs KetenagaKerjaan Yang Pindah Kerja

Hary mengungkapkan, meski lebih lama, pendaftaran online justru menguntungkan dari sisi waktu. Karena, saking banyak jumlah peserta yang mencairkan JHT, peserta harus bersaing mendapatkan nomor antrean. "Ada beberapa kantor kan hanya sampai 150 antrean dalam seharinya" .

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Just someone who proud to be called as Blogger , Likes to share what he knew.

Related : Berapa Lamanya Mencairkan JHT Jika Melalui e-Klaim?

Komentar Gunakan Akun Facebook

Back To Top