Ketentuan Dana Pensiun Jika Pekerja Mengalami Cacat Tetap

Info Bpjs KetenagakerjaanBagaimana ketentuan-nya dana pensiun jika tenaga kerja mengalami cacat tetap dan gak bisa bekerja Lagi? Dalam lingkungan pekerjaan tidak selalu mudah dan selancar yang kita bayangkan, ada saja masah kecelakaan, dalam hal ini biasanya banyak dialami pada lingkungan pabrik, kontruksi, dan transportasi. walaupun sudah berhati hati tapi tetap saja masih terjadi kecelakaan kerja sehingga menimbulkan cacat fisik yang permanen sehingga tidak bisa bekerja lagi.

Jika seorang pekerja mengalami cacat fisik yang sifatnya tetap sehingga tidak bisa bekerja lagi bagaimana ketentuan-nya mengenai dana pensiun-nya yang selama ini dia kumpulkan? apakah dikembalikan secara langsung? untuk menjawab hal ini saya sudah mendapatkan jawaban-nya dari pihak Bpjs ketenagakerjaan...

Ketentuan Dana Pensiun Jika Pekerja Mengalami Cacat Tetap
Jika mengalami caat total dan tetap maka akan mendapatkan Manfaat pensiun yang dibayarkan kepada peserta aktif yang mengalami cacat total tetap yang ditentukan oleh Dokter Pemeriksa (dokter yang merawat)/Dokter Penasehat dengan ketentuan:
  1. Kejadian yang yang menyebabkan cacat total tetap terjadi setelah peserta terdaftar dalam program Jaminan Pensiun paling sedikit 1 (satu) bulan.
  2. Penyebab cacat total karena penyakit atau kecelakaan baik kecelakaan kerja atau bukan.
  3. Pemberi kerja dan peserta rutin membayar iuran dengan density rate paling sedikit 80 % (delapan puluh persen).
Manfaat pensiun cacat total tetap dibayarkan berkala tiap bulan dimulai sejak tanggal 1 bulan berikutnya setelah peserta mengalami cacat total tetap dan dokumen pengajuan diterima lengkap.

Manfaat pensiun cacat berakhir pada saat peserta meninggal dunia atau tidak lagi memenuhi definisi cacat total tetap. Manfaat tersebut dapat diteruskan menjadi manfaat pensiun janda/duda, manfaat pensiun anak, atau manfaat pensiun orang tua.

Baca juga: Apa Manfaat Program Jaminan Kematian (JKM) Para Pekerja

Begitulah jawaban sari pertanyaan Bagaimana ketentuan-nya dana pensiun jika tenaga kerja mengakami cacat tetap dan gak bisa bekerja kagi? Ok semoga bermanfaat, tetaplah bersama kami untuk mendapatkan perkembangan terkini dari Bpjs kesehatan dan ketenagakerjaan...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Just someone who proud to be called as Blogger , Likes to share what he knew.

Related : Ketentuan Dana Pensiun Jika Pekerja Mengalami Cacat Tetap

Komentar Gunakan Akun Facebook

Back To Top