Apa Itu Sistem Rujukan Berjenjang Dalam Faskes Bpjs Kesehatan

Info BpjsMengenal Istilah Sistem Rujukan Berjenjang Oleh Fasilitas Kesehatan Bpjs - Dalam manjalankan layanan kesehatan oleh fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan Bpjs Kesehatan diperlukan kerjasama juga oleh sesama fasilitas kesehatan secara horisontal yaitu 1 tingkat yang memiliki peralatan yang lebih lengkap atau rujukan yang dilakukan antar pelayanan kesehatan dalam
satu tingkatan apabila perujuk tidak dapat memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan pasien karena keterbatasan fasilitas, peralatan dan/atau ketenagaan yang sifatnya sementara atau menetap.    

Bisa juga ecara vertikal, yaitu rujukan yang dilakukan antar pelayanan kesehatan yang berbeda tingkatan, dapat dilakukan dari tingkat pelayanan yang lebih rendah ke tingkat pelayanan yang lebih tinggi atau sebaliknya. Sebagaimana yang saya kutip dari keterangan resmi pihak Bpjs Kesehatan.

Apa Itu Sistem Rujukan Berjenjang Dalam Faskes Bpjs Kesehatan
Rujukan vertikal dari tingkatan pelayanan yang lebih rendah ke tingkatan pelayanan yang lebih tinggi dilakukan apabila:
  1. Pasien membutuhkan pelayanan kesehatan spesialistik atau subspesialistik;
  2. Perujuk tidak dapat memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan pasien karena keterbatasan fasilitas, peralatan dan/ atau ketenagaan.
Rujukan vertikal dari tingkatan pelayanan yang lebih tinggi ke tingkatan pelayanan yang lebih rendah dilakukan apabila :
  1. Permasalahan kesehatan pasien dapat ditangani oleh tingkatan pelayanan kesehatan yang lebih rendah sesuai dengan kompetensi dan kewenangannya;
  2. Kompetensi dan kewenangan pelayanan  tingkat pertama atau kedua lebih baik dalam menangani pasien tersebut;
  3. Pasien membutuhkan pelayanan lanjutan yang dapat ditangani oleh tingkatan pelayanan kesehatan yang lebih rendah dan untuk alasan kemudahan, efisiensi dan pelayanan jangka panjang; dan/atau
  4. Perujuk tidak dapat memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan pasien karena keterbatasan sarana, prasarana, peralatan dan/atau ketenagaan.
Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Sistem Rujukan Berjenjang
  1. Apakah pasien yang tidak mengikuti rujukan berjenjang dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan? Peserta yang ingin mendapatkan pelayanan yang tidak sesuai dengan sistem rujukan dapat dimasukkan dalam kategori pelayanan yang tidak sesuai dengan prosedur sehingga tidak dapat dibayarkan oleh BPJS Kesehatan, kecuali dalam kondisi tertentu yaitu kondisi gawat darurat, bencana, kekhususan permasalahan pasien, pertimbangan geografis, dan pertimbangan ketersediaan fasilitas.
  2. Untuk pasien di perbatasan, apakah diperbolehkan untuk merujuk pasien lintas kabupaten? Jika atas pertimbangan geografis dan keselamatan pasien tidak memungkinkan untuk dilakukan rujukan dalam satu kabupaten, mamaka diperbolehkan rujukan lintas kabupaten.

Baca juga: Ketentuan Layanan Ambulan Untuk Pasien Bpjs Kesehatan

Itulah inti dari penjelasan istilah Sietem rujukan berjenjang, Lalu bagaimana tatacara dan pelaksanaa sistem rujukan berjenjang ini? akan kami bahas pada halaman berikutnya, tetaplah bersama kami untuk mendapatkan informasi lengkap dari Bpjs Kesehatan ini.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Just someone who proud to be called as Blogger , Likes to share what he knew.

Related : Apa Itu Sistem Rujukan Berjenjang Dalam Faskes Bpjs Kesehatan

Komentar Gunakan Akun Facebook

Back To Top