Download Tutorial Pengisian Form e-Klaim JHT Bpjs Ketenagakerjaan

Info e-Klaim JHT - Bagaimana Cara Mengajukan e-Klaim JHT Bpjs Ketenagakerjaan Sacara Online di Website Resmi Bpjs Ketenagakerjaan - Antrian pengajuan Klaim JHT secara langsung yang membludak sejak diterbitkan-nya PP Nomor 60 Tahun 2015 dan Permenakertrans Nomor 19 Tahun 2015, terjadi lonjakan yang sangat signifikan terhadap peserta yang mengajukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) anda bisa bayangkan dari keluhan penanya ini "Salah satu rekan kami berusaha untuk melakukan klaim ke kantor cabang pada 10 November 2015, antrian di kantor cabang BPJS masih membludak. Nomor antri yang didapat kemarin, baru bisa dilayani pada bulan FEBRUARI 2016, itupun baru tahap pengajuanberkas".


 Tutorial Pengisian Form e-Klaim JHT Bpjs Ketenagakerjaan

Dalam situasi seperti ini banyak pula melakukan klaim melalui website resmi Bpjs Ketenagakerjaan, pada form e-Klaim JHT. Bukan tanpa masalah juga kalau belum berpengalaman, banyak terjadi kegagalan dengan keterangan misalnya; "Anda dalam antrian kami", "Error 404", data telah masuk/ diterima sejak 1 - 2 bulan yang lalu. Setelah di cek lagi  malah mendapat keterangan "Klaim Dibatalkan". Saat mencoba melakukan registrasi klaim ulang, system menolak untuk dilanjutkan dan hanya memberikan keterangan "Data klaim anda sudah dalam tahap pengajuan".

Kami sarankan Untuk error simpan, kami belum bisa memastikan, knp ada error 'Data gagal disimpan' harus dilakukan pengecekan terhadap data yang di entry pada form, termasuk file yang akan diupload apakah size nya sudah sesuai (misalnya) sebelum melakukan e-Klaim sebaiknya baca petunjiknya dengan benar. Disini kami sedikana panduan dalam bentuk File.Pdf silakan anda download kemudian baca dengan seksama lalu silakan masuk ke from.

Baca juga: Syarat Pengambilan JHT Bpjs Ketenagakerjaan Kekantor Bpjs

Prosedur e-Klaim 
  1. Peserta melakukan registrasi melalui website bpjsketenagakerjaan.go.id dengan mengisi data – data : nomor e-KTP, nama lengkap, tanggal lahir, nomor peserta, alasan klaim, nomor handphone dan email. (e-KTP, nama lengkap dan tanggal lahir akan tervalidasi dengan data adminduk, nama peserta dan alasan klaim akan tervalidasi dengan SIPT Online, nomor handphone dan email harus valid karena digunakan untuk konfirmasi). 
  2. Apabila proses registrasi berhasil, sistem akan secara otomatis mengirimkan PIN konfirmasi melalui sms atau melalui email. 
  3. Setelah mendapat PIN konfirmasi, maka peserta harus melanjutkan proses registrasi dengan melengkapi isian form dan mengupload dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan jenis dan alasan klaim. 
  4. Setelah proses perekaman dan upload berhasil, maka peserta akan menerima email konfirmasi bahwa proses perekaman telah berhasil dan sedang dalam proses persetujuan, silahkan menunggu pemberitahuan selanjutnya.
  5. Notifikasi pengajuan e-claim akan masuk ke Petugas BPJS Ketenagakerjaan dan akan melakukan verifikasi awal, apabila telah memenuhi persyaratan maka Petugas akan melakukan approval dan secara otomatis email akan terkirim ke peserta yang berisi pemberitahuan bahwa klaim dapat diteruskan ke tahap berikutnya. Dan apabila belum memenuhi persyaratan, maka email pemberitahuan juga akan dikirimkan.
  6. Lalu, Ketika peserta datang ke kantor cabang yang dituju, maka peserta mengambil nomor antrian fast track (e-claim). Kemudian peserta akan dipanggil oleh Customer Service, menunjukkan tanda bukti registrasi e-claim (email pemberitahuan dari BPJS Ketenagakerjaan) dan dokumen asli.
  7. Customer Service melakukan verifikasi terhadap dokumen asli yang dibawa peserta, mencocokkan dengan dokumen yang telah di cetak, mengambil foto peserta, membubuhkan stempel “sesuai dengan aslinya” pada berkas, dan kemudian melakukan proses “persetujuan” melalui Sistem aplikasi 
  8. Proses peserta selesai dan menunggu transfer saldo JHT ke rekening pribadi Peserta. 

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga klaim JHT anda cepat cair dan bisa untuk modal berwira usaha, tetaplah berkunjung kesini untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai Bpjs Kesehatan dan Ketenagakerjaan...



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

~ Hi, I am a person who likes called bloggers ~ Writing is fun, through this website I share the knowledge and experience of my life. Thank you for your visit, I hope you get the information you want..

Related : Download Tutorial Pengisian Form e-Klaim JHT Bpjs Ketenagakerjaan

Komentar Gunakan Akun Facebook

Back To Top