Penjaminan Dan Pelaksanaan PROLANIS Peserta Bpjs Kesehatan

Info Bpjs - Apa itu Prolanis? Bagaimana Pelaksanaan Program Prolanis? - Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) adalah Sistem  pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Tujuan-nya adalah Mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.

Proggram ini juga berlaku pada peserta Bpjs Kesehatan, bahkan ini sangat penting dan dianjurkan bagi penderita penyakit kronis misalnya Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi. Aktifitas dalam Prolanis meliputi aktifitas konsultasi medis/edukasi, Home Visit, Reminder, aktifitas klub dan pemantauan status kesehatan.

Persiapan pelaksanaan PROLANIS 

  1. Melakukan identifikasi data peserta sasaran berdasarkan:  a). Hasil Skrining Riwayat Kesehatan dan atau  b). Hasil Diagnosa DM dan HT (pada Faskes Tingkat Pertama maupun RS) 
  2.  Menentukan target sasaran 
  3. Melakukan pemetaan Faskes Dokter Keluarga/ Puskesmas berdasarkan distribusi target sasaran peserta 
  4. Menyelenggarakan sosialisasi Prolanis kepada Faskes Pengelola 
  5. Melakukan pemetaan jejaring Faskes Pengelola (Apotek, Laboratorium) 
  6. Permintaan pernyataan kesediaan jejaring Faskes untuk melayani peserta PROLANIS 
  7. Melakukan sosialisasi PROLANIS kepada peserta (instansi, pertemuan kelompok pasien kronis di RS, dan lain-lain) 
  8. Penawaran kesediaan terhadap peserta penyandang Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi untuk bergabung dalam PROLANIS 
  9. Melakukan verifikasi terhadap kesesuaian data diagnosa dengan form kesediaan yang diberikan oleh calon peserta Prolanis 
  10. Mendistribusikan buku pemantauan status kesehatan kepada peserta terdaftar PROLANIS
  11. Melakukan rekapitulasi data peserta terdaftar 
  12. Melakukan entri data peserta dan pemberian flag peserta PROLANIS 
  13. Melakukan distribusi data peserta Prolanis sesuai Faskes Pengelola 
  14. Bersama dengan Faskes melakukan rekapitulasi data pemeriksaan status kesehatan peserta, meliputi pemeriksaan GDP, GDPP, Tekanan Darah, IMT, HbA1C. Bagi peserta yang belum pernah dilakukan pemeriksaan, harus segera dilakukan pemeriksaan 
  15. Melakukan rekapitulasi data hasil pencatatan status kesehatan awal peserta per Faskes Pengelola (data merupakan luaran Aplikasi P-Care) 
  16. Melakukan Monitoring aktifitas PROLANIS pada masing-masing Faskes Pengelola: a.) Menerima laporan aktifitas PROLANIS dari Faskes Pengelola. b.) Menganalisa data 
  17. Menyusun umpan balik kinerja Faskes PROLANIS 
  18. Membuat laporan kepada Kantor Divisi Regional/ Kantor Pusat. 

Untuk halaman halaman slanjutnya akan kami bahas mengenai aktifitas pelaksanaan Prolanis, tetaplah bersama kami untuk mendapatkan informasi lengkap seputar Bpjs Kesehata.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

~ Hi, I am a person who likes called bloggers ~ Writing is fun, through this website I share the knowledge and experience of my life. Thank you for your visit, I hope you get the information you want..

Related : Penjaminan Dan Pelaksanaan PROLANIS Peserta Bpjs Kesehatan

Komentar Gunakan Akun Facebook

Back To Top