Pertanyaan Seputar Pelayanan Kesehatan Gigi Untuk Peserta Bpjs

Info Bpjs Kesehatan - Pada halaman ini sebenarnya lanjutan dari halaman sebelumnya, disana sudh dibahas Penjelasan Lengkap Pelayanan Kesehatan Gigi Untuk Peserta Bpjs dan Pelayanan Prothesa Gigi/Gigi Palsu Peserta BPJS Kesehatan Berikut Harganya. Silakan baca selengkapnya jika ada belum mambaca, disini hanya penjelasan singkat mengenai klaim, memilih dokter alternatif diluar faskes dan kemana harus memeriksa gigi.

Pertanyaan Seputar Pelayanan Kesehatan Gigi Untuk Peserta Bpjs

1. Apakah masih ada klaim perorangan untukprotesa gigi?
  • Jawab : Tidak ada. Sesuai dengan Permenkes No. 71 Tahun 2013 pasal 27 bahwa "Alat Kesehatan yang tidak masuk dalam paket Indonesian Case Based Groups (INA-CBG’s) dibayar dengan klaim tersendiri". Klaim dilakukan oleh Fasilitas Kesehatan pemberi resep, jadi bukan dilakukan oleh peserta.
2. Apabila saya sebagai peserta memilih Puskesmas sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, namun di Puskesmas tersebut tidak tersedia Dokter Gigi. Apakah saya bisa memilih Dokter Gigi Praktek Mandiri juga?
  • Jawab : Tidak bisa. Sesuai Permenkes No. 71 Tahun 2013 pasal 3 ayat (3) bahwa "Dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan komprehensif sebagaimana dimaksud pada ayat (1), bagi Fasilitas Kesehatan yang tidak memiliki sarana penunjang wajib membangun jejaring dengan sarana penunjang".
3. Terkait pertanyaan nomor 2, jika saya memerlukan pemeriksaan gigi, saya harus kemana?
  • Jawab : Puskesmas / Klinik wajib menyediakan jejaring Dokter Gigi. Jika dalam kondisi tertentu, Puskesmas/Klinik tidak memiliki jejaring, maka pelayanan gigi dirujuk ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

~ Hi, I am a person who likes called bloggers ~ Writing is fun, through this website I share the knowledge and experience of my life. Thank you for your visit, I hope you get the information you want..

Related : Pertanyaan Seputar Pelayanan Kesehatan Gigi Untuk Peserta Bpjs

Komentar Gunakan Akun Facebook

Back To Top