Perbedaan Klinik Pratama Dan Klinik Utama Bpjs

Info Bpjs Kesehatan - Apa itu Klinik Pratama & Klinik Utama? Apa Perbedaan Antara Klinik Pratama dan Utama - Mungkin anda bingung untuk membedakan ke 2 nama klinik itu, sama aku sendiripun tak tahu. Maklum bukan orang kesehatan, tapi kita bisa cari cari di internet tentang pengertian ke dua nama klinik yang jadi fasilitas kesehatan Bpjs itu. Tapi gak perlu repot mencari, dibawah ini sudah saya ulas secara lengkap dan mendalam.

Sebagaimana kita ketahui bahwa sebelum anda ingin mendapatkan pelayanan tingkat lanjut seperti di rumah sakait ataupun dokter spesialis, tahap sebelumnya harus melewati klinik yang sudah kerjasama dengan Bpjs terlebh dahulu, setelah mendapatkan rujukan barulah boleh ke klinik Utama, kecuali anda dalam keadaan gawat darurat.

Perbedaan Klinik Pratama Dan Klinik Utama Bpjs
Lalu apa perbedaan Klinik Pratam dan Klinik Utama? sebelum melangkah lebih jauh sebaiknya ketahui dulu apa itu Klinik? Klinik adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan/atau spesialistik, diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan (perawat dan atau bidan) dan dipimpin oleh seorang tenaga medis (dokter, dokter spesialis, dokter gigi atau dokter gigi spesialis).

Berdasarkan jenis pelayanannya, klinik dibagi menjadi Klinik Pratama dan Klinik Utama. Kedua macam klinik ini dapat diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah atau masyarakat.
  • Klinik Pratama adalah klinik yang menyelenggarakan pelayanan medik dasar.
  • Klinik Utama adalah klinik yang menyelenggarakan pelayanan medik spesialistik atau pelayanan medik dasar dan spesialistik. Sifat pelayanan kesehatan yang diselenggarakan bisa berupa rawat jalan, one day care, rawat inap dan/atau home care.

Bangunan klinik paling sedikit terdiri atas:

a. ruang pendaftaran/ruang tunggu;
b. ruang konsultasi dokter;
c. ruang administrasi;
d. ruang tindakan;
e. ruang farmasi;
f. kamar mandi/wc;

Prasarana klinik meliputi:

a. instalasi air;
b. instalasi listrik;
c. instalasi sirkulasi udara;
d. sarana pengelolaan limbah;
e. pencegahan dan penanggulangan kebakaran;
f. ambulans, untuk klinik yang menyelenggarakan rawat inap; dan
g. sarana lainnya sesuai kebutuhan.

Selain itu juga, klinik harus dilengkapi dengan peralatan medis dan nonmedis yang memadai sesuai dengan jenis pelayanan yang diberikan.

Syarat peralatan Peralatan Klinik:

  1. memenuhi standar mutu, keamanan, dan keselamatan.
  2. memiliki izin edar.
  3. Harus diuji dan dikalibrasi secara berkala oleh Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan dan/atau institusi penguji dan pengkalibrasi yang berwenang.

Pimpinan Klinik Pratama

  1. Pimpinan Klinik Pratama adalah seorang dokter atau dokter gigi.
  2. Tenaga medis pada Klinik Pratama minimal terdiri dari 2 (dua) orang dokter dan/atau dokter gigi.

Pimpinan Klinik Utama

  1. Pimpinan Klinik Utama adalah dokter spesialis atau dokter gigi spesialis yang memiliki kompetensi sesuai dengan jenis kliniknya.
  2. Tenaga medis pada Klinik Utama minimal terdiri dari 1 (satu) orang dokter spesialis dari masing-masing spesialisasi sesuai jenis pelayanan yang diberikan.
  3. Klinik Utama dapat mempekerjakan dokter dan/atau dokter gig sebagai tenaga pelaksana pelayanan medis.
<< Baca juga: Penggantian Biaya Perawatan Pada FasKes Yang Tidak Kerjasma dengan Bpjs >>
Demikianlah perbedaan antara klinik Pratama dan klinik utama, dengan mengetahui perbedaan ini bertambahlah wawasan kita tentang pengetahuan Klinik Pratama & Klinik Utama, semoga bermanfaat...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Just someone who proud to be called as Blogger , Likes to share what he knew.

Related : Perbedaan Klinik Pratama Dan Klinik Utama Bpjs

Komentar Gunakan Akun Facebook

Back To Top