Jenis Obat Dan Penyakit Yang Termasuk Program Rujuk Balik

Bpjs-Kesehatan.Net - Penyakit apa yang termasuk dalam program Rujuk Balik? & Apa jenis Obat Yang di Berikan? - Yang termasuk program rujuk balik ini rata rata pasien yang sudah lanjut usia, dimana segala penyakit mulai terasa yang sebelumnya pada saat masih muda dan kuat belum ada gejalanya. Penyakit komplikasi sering dialami oleh para pasien Rujuk balik, jadi bukan haya 1 jenis penyakit saja, bisa dimaklumi segala penyakit ini terakumulasi sejak ia masih muda. Pada halaman sebelumnya kami sudah mejelaskan program Rujuk Balik sekaligus manfaatnya.


Nah pada halaman ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya masih seputar program Rujuk Balik, akan kami jelaskan mengenai jenis obat yang diberikan dan jenis penyakit yang di derita oleh peserta Bpjs Kesehatan yang termasuk dalam program Rujuk Balik.
Peserta yang berhak memperoleh obat PRB adalah: Peserta dengan diagnosa penyakit kronis yang telah ditetapkan dalam kondisi terkontrol/stabil oleh Dokter Spesialis/Sub Spesialis dan telah mendaftarkan diri untuk menjadi peserta Program Rujuk Balik.

A. Jenis Penyakit Program Rujuk Balik

1. Diabetus Mellitus
2. Hipertensi
3. Jantung
4. Asma
5. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)
6. Epilepsy
7. Schizophrenia
8. Stroke
9. Systemic Lupus Erythematosus (SLE) Sesuai dengan rekomendasi Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia dan Komite Formularium Nasional, penyakit sirosis tidak dapat dilakukan rujuk balik ke Faskes Tingkat Pertama karena :
  • a. Sirosis hepatis merupakan penyakit yang tidak curabel
  • b. Tidak ada obat untuk sirosis hepatis
  • c. Setiap gejala yang timbul mengarah kegawatdaruratan (misal : eshopageal bleeding) yang harus ditangani di Faskes Rujukan Tingkat Lanjutan
  • d. Tindakan-tindakan medik untuk menangani gejala umumnya hanya dapat dilakukan di Faskes Rujukan Tingkat Lanjutan.

B. Yang Termasuk Jenis Obat Rujuk Balik

  • a. Obat Utama, yaitu obat kronis yang diresepkan oleh Dokter Spesialis/Sub Spesialis di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan dan tercantum pada Formularium Nasional untuk obat Program Rujuk Balik
  • b. Obat Tambahan, yaitu obat yang mutlak diberikan bersama obat utama dan diresepkan oleh dokter Spesialis/Sub Spesialis di Faskes Rujukan Tingkat Lanjutan untuk mengatasi penyakit penyerta atau mengurangi efek samping akibat obat utama.
Baca juga: Cara Mendapatkan Kartu Peserta Bpjs Asli dan Mudah Bukan Dari Calo
Itulah Beberapa penyakit yang termasuk program rujuk balik dan jenis obat yang diberikan kepada pasien peserta program Rujuk Balik, tetaplah bersama kami Bpjs-Kesehatan.Net untuk mendapatkan lebih banyak info tentang Bpjs Kasehatan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Just someone who proud to be called as Blogger , Likes to share what he knew.

Related : Jenis Obat Dan Penyakit Yang Termasuk Program Rujuk Balik

Komentar Gunakan Akun Facebook

Back To Top