Apa Perbedaan Tarif INA-CBG Dan Non INA-CBG

Untuk menjawab judul pertanyaan ini sebaiknya anda mengetahui apa yang dimaksud dengan istilah INA-CBG(s), INA-CBGs yang kepanjangannya Indonesian-Case Based Groups adalah standar tarif biaya pengobatan oleh pasien ke pihak rumah sakit (yang sudah ditanggungng Bpjs) berdasarkan apa yang sudah ditetapkan dalam aplikasi INA-CBGs dimana dalam aplikasi ini sudah dikelompokkan berbagai penyakit sekaligus biaya pengobatannya dan ini merupakan pedoman bagi semua rumah sakit seluruh Indonesia.

Sebagai contoh jika seorang pasien berobat penyakit tertentu maka Bpjs akan membayarkan berdasarkan tarif maksimal yang ada di aplikasi INA-CBGs ini, jika ternyata tarifnya di rumah sakit melebihi apa yang ada di INA-CBGs ini maka sisianya akan ditanggung (dibayar) oleh Pasien. 

Saya rasa anda sudah memahami istilah INA-CBG ini, nah sekarang dalam INA-CBG ini ada 2 kategori yaitu Tarif INA-CBG Dan Non INA-CBG, apa itu maksudanya? kami kutip dari Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No. 52 tahun 2016 yakni;

1. Tarif Indonesian-Case Based Groups yang selanjutnya disebut Tarif INA-CBG 
adalah besaran pembayaran klaim oleh BPJS Kesehatan kepada Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan atas paket layanan yang didasarkan kepada pengelompokan diagnosis penyakit dan prosedur.

2. Tarif Non INA-CBG 
merupakan tarif diluar tarif paket INACBG untuk beberapa item pelayanan tertentu meliputi alat bantu kesehatan, obat kemoterapi, obat penyakit kronis, CAPD dan PET Scan, dengan proses pengajuan klaim dilakukan secara terpisah dari tarif INA-CBG.
Baca Juga: Tarif Rawat Inap Dan Layanan Kebidanan Pada FKTP Bpjs
Demikianlah jawaban atas pertanyaan apa sih perbedaan  Tarif INA-CBG Dan Non INA-CBG, jadi tidak perlu kaget kalau nanti anda harus membayar ketika mengguanakan kartu Bpjs Kesehatan kemungkinan besar itu tarif non INA-CBG.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

~ Hi, I am a person who likes called bloggers ~ Writing is fun, through this website I share the knowledge and experience of my life. Thank you for your visit, I hope you get the information you want..

Related : Apa Perbedaan Tarif INA-CBG Dan Non INA-CBG

Komentar Gunakan Akun Facebook

Back To Top