Sejak Kapan Kartu Bpjs Berubah Menjadi KIS? Apa Bedanya...!!!

Kenapa kartu Bpjs Kesehatan sekarang berubah menjadi Kartu Indonesia Sehat (KIS) Apa Bedanya Bpjs dengan KIS - Saya juga baru menyadari sejak mendapatkan kartu Bpjs sekarang yang logo dan tulisannya berubah menjadi KIS, saya lihat kartunya lebih simple dan keren dibandingkan dengan kartu Bpjs sebelumnya, mirip mirip dengan e-KTP sekarang.Perlu dijelaskan disini bahwa KIS ini penyederhanaan dari kartu Bpjs sebelumnya yang fungsinya sama.


Dulu pada penerbitan pertama KIS ini, pada awalnya hanya untuk keluarga miskin yang dikenal dengan instilah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) masuk dalam kategori Bpjs penerima bantuan iuran (PBI) pemerintah, namun seiring berjalannya waktu sehingga pada maret 2015 kartu Bpjs kesehatan berubah tampilannya menjadi Kartu Indonesia Sehat  (KIS). Hanya kartunya saja lho.. Yang pasti fungsinya sama saja.

Untuk lebih jelasnya Bpjs kesehatan adalah nama sebuah badan pemerintahan yang mengelola JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), sedangkan KIS adalah kartu sebagai identitas penerima jaminan kesehatan tersebut. Dan tentunya fungsinya sama dengan kartu Bpjs Kesehatan yang dulu itu, jadi jika anda kebetulan kartnya hilang atau rusak kemudian minta ganti yang baru, maka anda akan mendapatkan kartu KIS ini.

Ini kutipan kata Dirut Bpjs Kesehatan  Fachmi Idris, "Selain PBI, peserta BPJS Kesehatan yang mendaftar pada Maret akan langsung mendapat KIS," Fachmi mengatakan, pembuatan kartu KIS dilakukan sesuai dengan jumlah peserta BPJS Kesehatan. Saat ini peserta BPJS Kesehatan mencapai lebih dari 133 juta orang.

Ia berharap tidak akan ada lagi ungkapan pemegang KIS adalah masyarakat miskin. Sebab, pemegang KIS adalah seluruh peserta program JKN. "Ini hanya ganti nama saja. Namun ukuran, bentuk, dan fungsi kartunya sama saja. Kartu lama masih tetap bisa digunakan," kata dia.

Baca Juga: Perbedaan Tarif INA-CBG Dan Non INA-CBG, ketahui yuk istilah ini...

"Bahkan," kata Fachmi melanjutkan, "tanpa kartu, peserta BPJS Kesehatan tetap bisa berobat asalkan hafal nomor kependudukan. Jadi tidak ada masalah." Oke sahabat semua sudah cukup jelaskan tentang tampilan kartu Bpjs Ksehatan sekarang yang di ganti dengan kartu KIS.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

~ Hi, I am a person who likes called bloggers ~ Writing is fun, through this website I share the knowledge and experience of my life. Thank you for your visit, I hope you get the information you want..

Related : Sejak Kapan Kartu Bpjs Berubah Menjadi KIS? Apa Bedanya...!!!

Komentar Gunakan Akun Facebook

Back To Top