Lupa Bawa Kartu BPJS Kesehatan? Ini Solusinya....

Terlalu banyaknya kartu di dompet terasa penuh, pada hal uangnya kosong. Ada kartu KTP, Kartu Kredit, Kartu Debit ATM, kartu member belanja, belum lagi kartu keanggotaan lainnya serta di tambah lagi kartu Bpjs Kesehatan (KIS) sehingga ada yag harus di tinggalkan untuk mengurangi beban dompet. Anda boleh meningglkan kartu Bpjs Kesehata di rumah saja, nanti kalau ada perlu baru di bawa, namun kadang kita lupa ketika berobat ke Faskes. Nah saya ada solusinya...

Sekarang pihak Bpjs Kesehatan telah meluncurkan aplikasi bernama Mobile JKN, anda culup medaftarkan diri menggunakan HP android atau iOS dengan email dan memasukkan data lengkap sesuai KTP dan karu Bpjs Kesehatan, nanti akan ada kartu Bpjs digital pada aplikasi tersebut.


Pengembangan aplikasi BPJS Kesehatan Mobile merupakan wujud nyata dari komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta. Melalui aplikasi ini, peserta dapat mengakses beragam informasi terkait program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan secara cepat dan mudah, dimanapun dan kapanpun.

Fitur Aplikasi Moble JKN

Beragam fitur yang dapat dipergunakan oleh peserta antara lain:
  • Info BPJS, menampilkan informasi seputar BPJS Kesehatan
  • Peserta, mencari data kepesertaan melalui nomor kartu, NIK atau No Kartu Keluarga
  • Lokasi, mencari dan menampilkan peta lokasi fasilitas kesehetan berdasarkan cabang dan lokasi terdekatnya
  • Tagihan, mencari informasi mengenai tagihan peserta
  • Cek VA, mencari No Virtual Account peserta berdasarkan NIK
  • Pendaftaran PBPU, mendaftarkan diri anda sebagai Peserta Bukan Penerima Upah
  • Pendaftaran Pengguna Mobile, mendaftarkan diri anda untuk dapat menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan Mobile
  • Login, Masuk ke Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile
  • Notifikasi Tagihan, Notifikasi Tagihan BPJS Kesehatan
Pengembangan aplikasi berbasis Android dan Ios ini didasari kehidupan penduduk saat ini yang tidak lepas dari teknologi berbasis ponsel. Hampir semua penduduk Indonesia saat ini memiliki ponsel.

pengembangan aplikasi Mobile JKN berbasis ponsel ini bertujuan untuk memudahkan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mengakses data peserta dan informasi tentang JKN-KIS.

Maya mengungkapkan bahwa saat ini juga telah dikembangkan fitur kartu peserta digital pada aplikasi Mobile JKN. Kartu digital ini berfungsi untuk memudahkan peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan. Jika Peserta lupa atau tidak membawa kartu JKN-KIS miliknya, maka peserta dapat menggunakan kartu digital pada aplikasi Mobile JKN sebagai pengganti kartu fisik dan selanjutnya peserta telah dapat dilayani. 

Jadi dengan dikembangkannya kartu digital ini, peserta tidak perlu khawatir lagi bawa atau tidak kartu karena selama kartu peserta berstatus aktif maka dapat dilayani sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Dengan dikembangkannya kartu digital ini, maka peserta JKN-KIS dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Jadi peserta tidak perlu buang waktu, biaya, dan tenaga pulang ke rumah mengambil kartu jika ingin mengakses pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan. Silahkan menggunakan kartu digital," 



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

~ Hi, I am a person who likes called bloggers ~ Writing is fun, through this website I share the knowledge and experience of my life. Thank you for your visit, I hope you get the information you want..

Related : Lupa Bawa Kartu BPJS Kesehatan? Ini Solusinya....

Komentar Gunakan Akun Facebook

Back To Top