Apa Yang Di Maksud Urun Biaya Iuran Bpjs Kesehatan?

Apa itu Urun Biaya Iuran Bpjs Kesehatan ? - Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada akhir 2018 telah mengumumkan mengenai Urun Biaya bagi peserta Bpjs Keshatan, hal ini mengejutkan bagi semua pesera Bpjs Kesehatan yang tak lagi gratis* jika berobat ke Klinik atau Rumah Sakit Fasilitas Jaminan Kesehatan. Jadi pastikan dompet anda tidak kosong untuk jaga jaga bayar Urun Biaya ini.

Karena iuran yang masuk selalu devisit dan selalu minta penambahan anggaran dari pemerintah, maka sekarang di berlakukan Urun Biaya. Urun Biaya adalah tambahan biaya yang dibayar Peserta pada saat memperoleh manfaat pelayanan kesehatan yang dapat menimbulkan penyalahgunaan pelayanan.


Menteri membentuk tim yang terdiri atas unsur Kementerian Kesehatan, BPJS Kesehatan, organisasi profesi, asosiasi fasilitas kesehatan, akademisi, dan pihak lain yang terkait. Untuk lebih jelasnya mengenai Urun Biaya ini dapat anda baca pada Permenkes No 51 tahun 2018 sebagai berikut;

Pasal 3
(1) Terhadap jenis pelayanan kesehatan yang dapat menimbulkan penyalahgunaan pelayanan dalam program Jaminan Kesehatan dikenakan Urun Biaya.

(2) Pelayanan kesehatan yang dapat menimbulkan penyalahgunaan pelayanan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan pelayanan yang dipengaruhi selera dan perilaku Peserta.

(3) Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikecualikan bagi Peserta yang di tanggung oleh pemerintah (PBI) Jaminan Kesehatan dan penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah.

Peserta atau keluarga Peserta yang telah mendapatkan informasi harus memberikan persetujuan kesediaan membayar Urun Biaya sebelum mendapatkan pelayanan.Urun Biaya dibayarkan oleh Peserta kepada Fasilitas Kesehatan setelah pelayanan kesehatan diberikan.

Untuk halaman selanjutnya dapat anda baca mengenai besaran urun biaya iuran Bpjs Kesehatan, tetaplah di situs kami untuk mendapatkan info seputas Bpjs.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

~ Hi, I am a person who likes called bloggers ~ Writing is fun, through this website I share the knowledge and experience of my life. Thank you for your visit, I hope you get the information you want..

Related : Apa Yang Di Maksud Urun Biaya Iuran Bpjs Kesehatan?

Komentar Gunakan Akun Facebook

Back To Top